Kemendag Revitalisasi Pasar Rakyat untuk Perkuat Ekonomi Kerakyatan

Pasar rakyat merupakan urat nadi perekonomian dan berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi serta diatur oleh UU No. 7 tahun 2014. Pemerintah dan swasta dapat melakukan #RevitalisasiPasarRakyat untuk menciptakan pasar yang lebih baik.

Pada tahun 2015-2019, Pemerintah menargetkan revitalisasi 5.000 Pasar Rakyat dan telah terbangun 4.211 unit pasar hingga 2018. #RevitalisasiPasarRakyat berupaya untuk meningkatkan sarana-prasarana fisik hingga manajemen tata kelola pasar.

Agar mampu berkompetisi dan berdaya saing, Pemerintah melakukan program pemberdayaan Pasar Rakyat, seperti pelatihan bagi pengelola pasar, sekolah pasar bagi pedagang, penghargaan bagi pengelola pasar berprestasi, dan sertifikasi SNI Pasar Rakyat. #RevitalisasiPasarRakyat

Contoh #RevitalisasiPasarRakyat oleh Pemerintah.

Testimoni pedagang dan pengelola Pasar Rakyat setelah pasarnya direvitalisasi. #RevitalisasiPasarRakyat

Peningkatan Omzet dan Digitalisasi Pasar Rakyat

Salah satu indikator keberhasilan program revitalisasi pasar rakyat adalah peningkatan omzet pasar. Berdasarkan hasil pantauan, omzet dari pasar yang telah direvitalisasi naik sebesar 20 persen.

"Kenaikan omzet mengindikasikan adanya peningkatan pengunjung di pasar tersebut. Hal ini karena pasar rakyat yang sudah direvitalisasi memberikan rasa nyaman dan aman bagi pengunjung untuk berbelanja di pasar tersebut," ungkap Tjahya.

Tjahya menyampaikan, untuk mempermudah pemantauan omzet pasar rakyat, maka Kemendag mendukung pengembangan aplikasi daring yang memanfaatkan teknologi digital, yaitu E-Retribusi dan E-Payment.

"Pengembangan aplikasi daring ini merupakan transformasi digital pasar rakyat. Dengan melakukan pemantauan omzet secara daring diharapkan dapat membuat sistem kerja pasar rakyat menjadi lebih mudah, tepat, dan efisien," pungkas Tjahya.

Penganugerahan Pasar Rakyat Award Untuk memberikan apresiasi kepada pasar rakyat dan pengelola pasar rakyat, Kementerian Perdagangan akan menggelar penganugerahan Pasar Rakyat Award. Pemberian penghargaan dijadwalkan berlangsung pada kegiatan peresmian pasar rakyat yang rencananya dibuka Presiden RI Joko Widodo di International Convention and Exhibition, Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, pada bulan Maret 2019.

"Pasar Rakyat Award diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada pengelola pasar yang telah mengelola dan mengembangkan pasar rakyat dengan baik serta menyediakan barang kebutuhan masyarakat dengan harga yang terjangkau," jelas Tjahya.

Menurut Tjahya, pemberian penghargaan ini bertujuan menumbuhkan kemandirian pasar rakyat untuk melakukan penataan dan pengelolaan pasar secara aktif dan meningkatkan motivasi pengelola, pedagang, dan instansi pembina untuk melakukan berbagai usaha dalam rangka mewujudkan pasar yang aman, bersih, nyaman, dan berkeadilan. Selain itu, juga meningkatkan peran serta segenap pelaku pasar untuk saling bersinergi mempertahankan eksistensi pasar rakyat dan meningkatkan daya saing pasar rakyat agar dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian di daerah sekitarnya.

Adapun kategori Pasar Rakyat Award dibagi menjadi tiga, yaitu Pasar Revitalisasi Terbaik, Pasar Ramah Lingkungan, serta Pasar Ramah Difabel. Dari masing - masing kategori, akan dipilih tiga pasar untuk mendapatkan penghargaan. Sementara itu, bagi para pengelola pasar juga akan diberikan penghargaan untuk satu kategori, yaitu Pengelola Pasar Rakyat Terbaik. Selain peresmian pasar dan pemberian penghargaan, akan dilakukan juga pemberian sertifikat kepada lima pasar yang telah mendapatkan SNI pasar rakyat 8152:2015 tahun 2018.

"Dengan pengelolaan pasar rakyat yang semakin baik, maka pasar rakyat akan semakin kompetitif dan menjadi tempat yang nyaman bagi masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari - hari," pungkas Tjahya

Sumber : Biro Humas Kementerian Perdagangan didukung oleh Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo